Sunday, February 16, 2014

Kucing Muntah: Faktor Penyebab dan Tips Mengobatinya

Sebagian kucing peliharaan, sekalipun itu kucing yang awalnya sangat sehat, ada kalanya mengalami muntah-muntah dari waktu ke waktu. Hal tersebut sering kali membuat sang pemilik kucing merasa panik dan khawatir takut kucingnya kenapa-napa. Kucing muntah-muntah bisa terjadi pada berbagai jenis kucing, baik itu kucing ras ataupun kucing biasa.
kucing muntah kuning

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan kucing muntah-muntah, berikut ini akan saya jelaskan beberapa jenis kucing muntah.

Pernahkan Anda melihat kucing yang muntah makanan sesaat setelah kucing makan? Kucing yang muntah-muntah makanannya sendiri biasanya terjadi karena si kucing terlalu banyak makan, sementara didalam perutnya sudah terdapat banyak makanan dan membuat sistem pencernaan kucing penuh dan akhirnya menolak makanan tersebut. Oleh karena itu janganlah memberi kucing makanan secara berlebihan.

Pernahkah Anda melihat kucing yang muntah gumpalan bulu? Kucing yang muntah bulu (hairballs) diakibatkan karena kucing menelan cukup banyak bulu hingga saluran kepencernaannya. Kucing sering sekali menjilati bulu-bulunya saat membersihkan diri. Bulu-bulunya bisa tertelan sehingga masuk ke perut kucing, namun karena pencernaan kucing tidak dapat mencernanya maka bulu-bulu tersebut akan membentuk gumpalan dan dikelauarkan melalui muntah. Hal ini biasanya terjadi pada kucing yang bulu-bulunya panjang (gondrong).

Pernahkah Anda melihat kucing yang muntah rumput? Kucing yang muntah rumput juga cukup sering terjadi, kucing memang sesekali sering mencari rumput dan mamakannya, entah apa tujuannya tapi hal ini sering sekali membuat kucing muntah rumput. Namun jika hal ini terjadi pada kucing Anda, maka Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak berbahaya asalkan rumputnya tidak mengandung racun pestisida.

Pernahkah Anda melihat kucing yang muntah cacing? Kucing juga bisa muntah-muntah diakibatkan karena adanya parasit didalam perut kucing. Misalnya kucing yang mengalami cacingan cukup parah bisa menyebabkan kucing muntah-muntah dan mengeluarkan cacing.

Kadang kucing juga bisa muntah karena diakibatkan telah memakan sesuatu yang tidak seharusnya dia makan, misalnya ada plastik atau karet yang termakan oleh kucing. Pastikan kucing Anda bermain dengan benda-benda yang aman dan tidak beracun. Atau bisa juga berasal dari makanan yang sudah kadaluarsa, jadi pastikan kucing Anda tidak makan sembarangan.

Kucing muntah cairan warna kuning dan berbusa, pernahkah Anda mengalaminya? Jika ya, maka kucing Anda berada dalam masalah yang sangat serius. Banyak sekali kucing yang mati diakibatkan gejala ini. Kucing yang muntah kuning biasanya juga disertai dengan mencret dan kucing tidak mau makan. Jika Kucing Anda mengalami hal tersebut segeralah obati kucing Anda secepat mungkin.

Tips:

Jika kucing Anda mengalami muntah-muntah seperti muntah kuning atau muntah berbusa, saya sarankan Anda untuk segera membaca ebook Kucing Muntah sebelum kucing Anda sakitnya tambah parah dan tidak tertolong lagi. Ebook Kucing Muntah adalah sebuah ebook yang berisi penjelasan lengkap mengenai cara mengobati kucing yang suka muntah-muntah dan tidak mau makan.

Akhir kata terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. Terima kasih atas info dan sarannya.
    Hari ini kucing saya muntah.. muntahnya warna putih.. dan kadang berbusa.
    Kucing juga jadi tidak mau makan apapun seharian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga. Mohon pencerahan

      Delete
  2. Ok, thanks, sekarang saya mengerti. Thanks atas infonya. :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar.

Recent Comment

Kucing Blog